Charles Robert Darwin

Charles Robert Darwin adalah ilmuwan besar,satu dari 100 tokoh terkemuka versi Michael Hart. Darwin popular dengan teori evolusi yang ia tulis dalam buku The Origin of Species. Ia dilahirkan di kota Shrewsbury, Shropshire, Inggris, 12 Desember 1809 dan meninggal di Downe, Kent, Inggris, 19 April 1882 pada umur 72 tahun. Ia dianggap sebagai pelopor ilmu biologi modern melalui temuan, penelitian dan karya-karyanya. Awalnya Darwin banyak mempelajari sejarah alam semesta melalui ilmu kedokteran dan teologi yang ia tekuni di universitas.

Minatnya terhadap sains menghantarnya menjadi petualang menjelajahi dunia. Ia menghabiskan waktu selama lima tahun untuk mempelajari spesies-spesies dimuka bumi melalui perjalanan menggunakan kapal HMS Beagle. Darwin mulai berangkat berlayar di atas kapal Beagle tahun 1831 saat berumur dua puluh dua tahun. Rute pelayaran menyelusuri pantai Amerika Selatan kepulauan Galapagos,pulau-pulau di Pacifik, di Samudera Hindia serta Samudera Atlantik. Darwin melakukan pengamatan vegetasi, spesies binatang, suku-suku primitive dan berbagai fosil.

Setelah melakukan serangkaian penelitian panjang, Darwin berkeyakinan bahwa makhluk hidup mengalami perubahan dalam sejarah perkembangan bumi. Keyakinannya bertambah setelah mempelajari karya-karya Robert Malthus tentang perkembangan penduduk. Menurut Darwin Spesies dimuka bumi dapat bertahan hidup hingga sekarang karena mereka mampu memenangkan persaingan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Hasil pengamatannya ia tulis dalam berbagai tulisan yang membuatnya dikenal sebagai seorang geologis terkemuka dan penulis yang terkenal. Pengamatan biologisnya membawanya kepada kajian tentang transmutasi spesies dan ia mengembangkan teorinya tentang seleksi alam pada 1838. Hasil penelitian Darwin hingga kini masih menimbulkan perdebatan terutama dibidang teologi (agama). Dari awal Darwin sudah menyadari teori evolusinya akan menimbulkan kontroversi sehingga ia hanya mempublikasikan kepada teman-teman dekatnya. Penelitiannya baru dipublikasikan setelah Alfred Russel Wallace menerbitkan teori evolusinya.

Teori evolusi Darwin diterbitkan bulan Juni 1859 berbarengan dengan Walace yang juga menerbitkan teori yang memiliki kemiripan. Kedua teori yang muncul bersamaan ini kemudian dianalisa oleh suatu badan ilmiah. Buku Darwin The Origin of Species menggemparkan kajian ilmiah saat itu apalagi ketika tahun 1871 Darwin menerbitkan The Descent of Man, and Selection in Relation to Sex yang mengemukakan teori bahwa manusia berasal dari makhluk sejenis monyet. Berbagai kalangan bahkan mengecam teori Darwin. Namun Darwin mampu menyuguhkan mekanisme dari seleksi alamiah yang mengakibatkan terjadinya evolusi alamiah, dan membeberkan banyak bukti-bukti untuk menunjang hipotesanya. Sebagai tanda pengakuan terhadap kehebatan Darwin, ia dikebumikan di Westminster Abbey, bersama dengan William Herschel dan Isaac Newton.

Sumber: http://bit.ly/iiIylw

  BERITA DAN INFORMASI LAINNYA



Comments are closed.