ASEAN Student Exchange

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen), menjadi panitia dalam ASEAN Student Exchange 2012.

Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah ASEAN Student Exchange 2012 yang diselenggarakan di Yogyakarta dari 14-20 Oktober 2012.

ASEAN Student Exchange 2012 merupakan tindak lanjut dari ASEAN Senior Official Meeting on Education (SOM-ED) atau Pertemuan Senior Official Ke-enam ASEAN tentang Pendidikan, yang diselenggarakan di Bangkok pada 19 Januari 2012.

Salah satu program yang disepakati adalah dalam bentuk  ASEAN Student Exchange at Secondary School Level (ASESSLP),  atau pertukaran pelajar ASEAN di Tingkat Sekolah Menengah.

Tema tahun ini adalah “Promoting Indigeneous Wisdom towards ASEAN Community”.

Tujuan diselenggarakannya ASEAN Student Exchange adalah untuk meningkatkan kerjasama antarpelajar ASEAN dalam semangat kesetaraan dan kemitraan, sehingga berkontribusi terhadap perdamaian, kemajuan dan kesejahteraan ASEAN.

Selain itu juga untuk meningkatkan kepemimpinan dan keterampilan organisasi generasi muda dari negara-negara ASEAN, dan meningkatkan kreativitas siswa dalam kegiatan sosial, seni dan keterampilan budaya, pariwisata, lingkungan hidup dan kehidupan.

ASEAN Student Exchange 2012 ini diikuti 11 negara anggota ASEAN yaitu: Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste. Setiap negara akan diwakili oleh 10 (sepuluh) siswa tingkat menengah (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (jika ada) dan 2 (dua) pendamping.

Beberapa bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan selama tujuh hari tersebut adalah upacara bendera, presentasi tiap negara, kegiatan kelompok solidaritas, diskusi kelompok, dan interaksi dengan pelajar lokal.

Dalam kegiatan interaksi dengan pelajar lokal ini, peserta dari negara-negara ASEAN dapat bersosialisasi dan mengenal masyarakat Indonesia lebih dekat. Dalam kegiatan ini, semua peserta dari negara-negara ASEAN akan mengunjungi SMA dan SMK.

Tahun ini, semua peserta ASEAN Student Exchange akan berkunjung ke tiga SMA yang berlokasi di Yogyakarta dan Magelang, yaitu SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Yogyakarta dan SMA Taruna Nusantara Magelang dan dua SMK, yakni SMK Negeri 2 Yogyakarta dan SMK Negeri 2 Depok, Sleman.

Selain itu diadakan juga pameran, pertunjukan kebudayan dari setiap negara, dan kunjungan lembaga. Dalam kunjungan lembaga, peserta akan diajak mengunjungi tempat-tempat yang memiliki unsur-unsur budaya seperti sekolah, pusat belajar, pusat kerajinan, tempat wisata, tempat-tempat bersejarah seperti museum, dan lain-lain.

  BERITA DAN INFORMASI LAINNYA


    No matches

Comments are closed.